Bagaimana Cara Gampang Membuat Surat NPWP Untuk Bisnis

Cara membuat NPWP sebenarnya sangat gampang sekali untuk kita lakuin. Asalkan kamu memiliki semua persyaratan yang harus dipenuhi ketika pertama kali mengajuin untuk mendapatkan NPWP.

Lantas apakah sebenarnya NPWP itu? NPWP merupakan sesuatu yang wajib dimiliki setiap orang yang memiliki penghasilan baik itu dari usaha, pekerjaan, buruh, dan lain-lain.

NPWP adalah nomor pokok wajib pajak. Ini merupakan nomor yang diberikan oleh pemerintah kepada seluruh orang yang terkena wajib pajak. Orang-orang tersebut biasanya diwajibkan membuat surat ini untuk melengkapi berbagai kemudahan yang diberikan oleh layanan publik, seperti membuat ATM, Kartu Kredit, Pengajuan Pinjaman dan lain sebagainya.

Berikut adalah detail-detail cara mendapatkan NPWP yang paling gampang

  1. Harus Memiliki KTP dan KK (Perusahaan dan Personal)
  2. Memiliki Usaha Yang Tetap (Untuk NPWP Perusahaan)
  3. Mendapatkan Surat Domisili Dari RT/RW terkait Unit usaha atau tempat tinggal
  4. Surat Keterangan Kerja Atau SK PNS (Personal)
  5. Melengkapi Formulir Yang Disediakan
  6. Menunggu Hasil

sumber: Persyaratan Membuat NPWP

Jika kamu tidak ingin ribet karena datang ke kantor direktorat jendral pajak, kamu bisa mengajukan permohonan NPWP online dengan mengisi formulir yang sudah disediakan dan upload semua berkas yang dibutuhkan. Mau tahu caranya, berikut adalah detailnya..

cara membuat npwp online

cara membuat npwp online

  1. Kunjungi Situs: https://ereg.pajak.go.id
  2. Lalukan Pendaftaran disini: https://ereg.pajak.go.id/daftar
  3. Isi semua data yang dibutuhkan
  4. Jika sudah terdaftar maka kamu akan mendapatkan email untuk LOGIN
  5. Lalu, login menggunakan username dan password yang kamu isi tadi
  6. Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman dashboard dan pilih menu Pendaftaran NPWP Online
  7. Isi semua Kolom yang telah disediakan secara lengkap meliputi unit usaha, data pribadi, penghasilan, nama usaha, Pekerjaan Bebas, Alamat Pribadi dan Usaha, Tanggungan dan Gaji dan persyaratan
  8. Jika sudah melakukan pengisian kolom secara lengkap dan meng-upload dokumen persyaratan dengan benar, maka kamu bisa menyelesaikan semuanya dengan gampang.
  9. Setelah semua selesai, kamu tinggal minta akses token yang berfungsi sebagai penyampaian permohonan (Berada di beranda Dashboard)
  10. Setelah meminta token, periksa email kamu secara detail, karena token dikirim menggunakan email saat kamu mendaftar tadi
  11. Setelah itu, copy nomor token tersebut di halaman dashboard anda kemudian lanjutkan dengan kirim permohonan yang sudah disediakan di halaman tersebut
  12. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor token lagi lalu lanjutkan kirim
  13. Setelah itu akan ada pemberitahuan jika anda telah berhasil mengajukan permohonan NPWP.

Setelah proses tersebut selesai. Yang perlu kamu lakukan adalah mendatangi kantor pajak yang tertera di Dashboard. Kamu akan memperoleh alamat kantor pajak terdekat untuk melengkapi data asli dan memperoleh Kartu/surat NPWP biasanya proses akan selesai selama 14 hari kerja. Jadi, kamu diharuskan menunggu. Biasanya NPWP akan dikirim ke alamat yang kamu daftarkan tadi jika proses telah selesai. Namun, jika NPWP tidak sampai ke alamat kamu, maka yang perlu dilakukan adalah mendatangi kembali kantor pajak terdekat. Cara membuat npwp ini termasuk dalam kategori yang mudah karena kamu tidak perlu mengantri ataupun datang ke kantor pajak karena dilakukan secara online.